Cara menggugurkan kandungan » Info Balita » Terapi Anak Terlambat Bicara Dan 4 Penyebabnya

Terapi Anak Terlambat Bicara Dan 4 Penyebabnya

Keterlambatan bicara dapat di sebabkan gangguan pendengaran, gangguan pada otak, autisme, atau gangguan pada organ mulut yang menyebabkan anak sulit melafalkan kata-kata, gangguan perilaku, gangguan perkembangan umum, kurang stimulasi, masalah spikososial, maupun pennyebab lainnya. Beberapa gangguan dapat terjadi bersamaan, misalnya anak dengan gangguan pendengaran juga memiliki gangguan perilaku. berikut ini kami merangkum beberapa tips terapi anak terlambat bicara dan merangsang stimulasi mengembangkan kemampuan berbicara anak.

terapi anak terlambat bicara

Terapi Anak Terlambat Bicara (Speech Delay)

Kondisi anak yang terlambat bicara bukanlah sebuah kondisi yang tidak dapat di atasi dan di sembuhkan. Ada beberapat jenis terapi yang dapat di lakukan. Tak hanya menggunakan bantuan psikiater maupun psikolog, namun peran orang tua juga sangat penting dalam mengatasi masalah terapi anak terlambat bicara.

Berikan kesempatan anak bermain dengan teman : Mungkin beberapa orang tua merasa khawatir jika mengijinkan anak-anaknya bermain di luar rumah. Namun sebenarnya cara ini menjadi terapi yang efektif bagi anak-anak yang mengalami terlambat bicara.

Anak-anak akan belajar bagaimana cara berbahasa yang indah. Untuk itu tidak ada salahnya untuk memberikan anak kesempatan bermain dengan teman-teman seumurannya. Sehingga anak memiliki dorongan yang cukup kuat dapat berbicara dengan teman-teman yang lainnya.

Berbicara dengan ejaan yang benar kepada anak : Terapi anak terlambat bicara bisa di lakukan saat anak baru mulai mencoba mengembangkan kemampuannya dalam berbicara, maka hal yang wajar jika anak tidak dapat mengucapkan kata-kata yang jelas. Banyak orang tua yang terkadang tetap menirukan yang di bicarakan sang anak, namun ternyata metode ini kurang tepat.

Sebagai orang tua, Ibu harus memberikan bagaimana cara pengucapan yang jelas dan benar serta menjelaskan kepada anak dengan penuh ekspresi. Gerakan bibir harus jelas dan benar sehingga anak dapat memahami kosa kata tanpa ada kesalahan.

Menirukan dan membenarkan kosakata anak : Terapi anak terlambat bicara bisa di lakukan saat anak-anak menunjuk pada sesuatu, maka Ibu harus bisa mengatakan dan menjelaskan mengenai nama benda yang di tunjuk oleh anak. Jelaskan dengan perlahan sehingga anak dapat memahami. Jika anak-anak mulai belajar bicara namun masih terdapat beberapa kesalahan kata, maka cobalah untuk membenarkannya secara lembut.

Jika perlu ketika melakukan komunikasi sentuh wajah anak sambil membenarkan setiap parkataannya dengan penuh kasih sayang.

Baca Artikel : Agar anak doyan makan

Jangan ada televisi sebagai latar belakang : Kebisingan sebenarnya dapat mempersulit anak untuk menangkap kosakata baru. Bertentangan dengan apa yang di pikirkan banyak orang, suara TV yang bising tidak meningkatkan berkembangan anak untuk berbicara.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak Amerika yang berusia 6 sampai 12 bulan di paparkan dengan orang tua sunguhan yang berbicara bahasa mandarin secara langsung dan yang berbicara dalam video. Anak yang berinteraksi dengan orang sunguhan mengenali dan menanggapi fonem tertentu, dan anak yang terpapar video tidak bisa menanggapi.

Sering bertanya kepada anak : Terapi anak terlambat bicara, cobalah untuk sering berkomunikasi dengan anak-anak. Hal ini dapat di mulai dengan sering bertanya sehingga secara tidak langsung membuat anak-anak akan tertarik dengan kegiatan. Sebagai orang tua, Ibu bisa mulai menanyakan tentang pertanyaan-pertnyaan umum semisal ” Lagi ngapain?”, “Lagi main apa?” dan lain sebagainya.

Bahkan Ibu bisa menambahkan beberapa kata-kata pada pertanyaan yang Ibu ajukan sehingga anak menjadi lebih tertarik mendengarkannya. Mungkin saja anak belum bisa menjawabnya dengan baik, namun anak akan merasa senang dan terpancing untuk lebih banyak berbicata panjang.

Berbicara lambat kepada anak : Banyak orang tua yang mungkin terlalu cepat berbicara pada anak-anak yang masih balita. Sehingga secara tidak langsung kurang memahami terkait hal-hal yang di sampaikan oleh orang tua mereka.

Terapi anak terlambat bicara, cobalah berbicara lebih lambat lagi terhadap anak, Namun jangan pula terlalu lambat dan beri sedikit ketegasan. Anak-anak harus dapat mengerti kata-kata yang Ibu ucapkan, mulai dari awal hingga akhir kata. Cara ini membuat anak dapat melihat bagaimana ekspresi orang tuanya dan kemudian menirukannya.

Bermain sambil Berbicara : Terapi anak terlambat bicara bisa di lakukan saat anak-anak bermain, sebenarnya anak-anak sedang merasa jika dunia miliknya sendiri. Dan waktu inilah yang paling tepat untuk memulai berkomunikasi dengan anak. Ibu dapat ikut bermain bersama anak dan ber bicara sesuai dengan hal apa yang sedang di mainkannya. Misalkan saja, Saat anak bermain mobil-mobilan, Ibu dapat menirukan suara mobil dan memberikan ekspresi yang jelas.

Terapi anak terlambat bicara ini dapat di lakukan di mana saja dan kapan saja. Tak hanya membuat anak senang, terapi ini juga akan melatih anak untuk mulai ikut menirukan suara sang Ibu.

Penyebab Anak Speech Delay

Keterlambatan bicara atau bahasa pada anak bisa juga memberi tahu sesuatu tentang perkembangan fisik dan intelektual anak secara keseluruhan.

Ada masalah dengan mulut : penundaan bicara dapat mengindikasikan masalah pada mulut, lidah, atau langit-langit.

Gangguan bicara dan bahasa : Beberapa gangguan bicara dan bahasa melibatkan fungsi otak dan mungkin merupakan indikasi ketidak mampuan belajar. Salah satu penyebab keterlambatan bicara, bahasa, dan perkembangan lainnya adalah kelahiran prematur. Baca artikel : Cara mengugurkan kandungan

Kehilangan pendengaran : Balita yang tidak mendengar dengan baik, atau mendengar ucapan yang terdistorsi, kemungkinan besar akan kesulitan membentuk kata-kata. Salah satu tanda gangguan pendengaran adalah anak tidak mengenali seseorang atau objek saat Anda menamainya, tetapi melakukan jika Anda menggunakan isyarat.

Gangguan spektrum autisme : Masalah bicara dan bahasa sangat sering terlihat dengan gangguan autisme. Tanda-tanda lain autisme mungkin termasuk:

  • Mengulang frasa dari pada membuat frasa
  • Perilaku berulang
  • Gangguan komunikasi verbal dan nonverbal
  • Gangguan interaksi sosial
  • Regresi bicara dan bahasa

Setelah mengetahui penyebab keterlambatan bicara pada anak, Anda dapat menentukan sekolah terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan anak. Inilah yang menjadi salah satu faktor utama saay memilih sekolah, Karena kenyamanan anak Anda adalah yang paling utama.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu