Cara menggugurkan kandungan » Kewanitaan » Tanda Menopause Yang Wajib Diwaspadai Wanita

Tanda Menopause Yang Wajib Diwaspadai Wanita

Masalahnya adalah persepsi Ibu yang menganggap menopause sebagai masa yang menakutkan. Masih banyak orang yang belum memahami tanda menopause, penyebabnya gejala dan faktor-faktor yang mempengaruhi gejala menopause. Ibu enggan bertanya kepada petugas kesehatan tentang menopause dan akibatnya. Banyak Ibu masih belum mengetahui bagaimana cara mencegah menopause dini.

Banyak Ibu yang masih belum mengetahui bagaimana hidup sehat selama menopause. Kerangka masalah yang di lakukan adalah pemberian penyuluhan untuk menambah pengetahuan tentang menopause, tanda dan gejala, faktor pemicu dan gaya hidup menopouse.

tanda menopause

Menopouse bukan termasik penyakit atau gangguan kesehatan, karena merupakan proses alami masa reproduksi wanita. Namun, ada beberapa kasus di mana perempuan mengalami kondisi menopause dini. Hal ini mungkin karena tindakan medis tertentu yang menyebabkan produksi hormon progesteron dan estrogen sehingga proses ovolasi lama kelamaan akan berhenti.

Jika Anda telah memasuki masa menopouse akan mengalami beberapa gelaja. Hal ini di sebabkan karena perubahan hormon yang di alami saat tanda menopause. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan menjelang periode menopouse.

Apa Saja Tanda Menopause

Menopause adalah sebuah siklus berakhirnya menstruasi yang di alami wanita secara alami. Secara umum, tanda menopause selalu terjadi pada usia 45 hingga 55 tahun. Wanita benar-benar di anggap tanda menopause setelah tidak mengalami menstruasi sekitar 12 bulan atau satu tahun secara berturut-turut. Perubahan yang terjadi saat memasuki menopause tidak hanya secara fisik semata.

Menopause terjadi dalam 3 tahap yaitu pascamenopause, menopause, premenopause.

Pascamenopause : Ini adalah tahun-tahunan setelah menopause. Selama tahap ini, gejala menopause seperti hot flashes di alami sebagian besar wanita. Tetapi risiko kesehatan terkait dengan hilangnya estrogen meningkat seiring bertambahnya usia.

Menopause : Ini adalah titik ketika sudah setahun sejak seorang wanita terakhir mengalami periode menstruasi terakhir. Pada tahap ini, ovarium telah berhenti mengeluarkan telur dan membuat sebagian besar estrogen.

Ptremenopause : Biasanyanya di mulai beberapa tahun sebelum menopause, ketika ovarium secara bertahap membuat lebih sedikit estrogen. Pemenopause berlangsung hingga menopause, titik ketika ovarium berhenti mengeluarkan telur. Dalam 1 sampai 2 tahun terakhir premenopause, penurunan estrogen semakin cepat. Pada tahap ini, banyak wanita mengalami menopause.

Tanda-Tanda Menopause Secara Umum

Setelah mengetahui seperti apa wanita mengalami proses menopouse, berikut ini adalah tanda menopause secara umum:

Terjadi perubahan pada siklus menstruasai : Hal pertama yang sering terjadi adalah perubahan siklus pada menstruasi. Contohnya seperti jumlah darah yang keluar bisa jadi lebih banyak atau bahkan lebih sedikit. Namun, terkadang bisa juga berupa flek atau sering juga di sebut spotting. Secara waktu pun menstruasi juga cukup singkat.

Apabila kamu sudah tidak merasakan menstruasi, maka kemungkinan hamil pun juga sangat kecil. Begitu juga saat kamu sudah tidak mengalami menstruasi selama satu tahun atau 12 bulan secara berturut-turut, akan lebih baik segera konsultasi.

Baca artikel : Cara mengatasi keputihan

Suasana hati yang berubah-ubah : Wanita yang sudah mengalami masa menopouse juga ada perubahan dari suasana hati. Hal ini sering juga di sebut sebagai mood dalam bahasa sehari-hari kita. Terkadang wanita yang mulai menopause mudah emosi, depresi, dan juga perasaan yang terus berubah-ubah secara cepat. Oleh sebab itu, orang-orang yang ada di sekitarnya harus bisa memahami situasi tersebut.

Dorongan Berhubungan intim lebih rendah : Beberapa wanita mengatakan mereka kurang tertarik berhubungan intim atau kesulitan terangsang ketika mereka sedang menopause. Wanita lain mengatakan mereka lebih menikmati hubungan intim dan merasa lebih bebas karena tidak perlu khawatir tentang kehamilan.

Perubahan fisik : Anda juga bisa melihat rambut dan kulit Anda menjadi lebih kering dan lebih tipis. Beberapa wanita mengalami penambahan berat badan selama menopause. Tubuh Anda juga bisa berubah sehingga Anda memiliki lebih banyak lemak di pinggang dan lebih banyak otot pada umumnya.

Anda juga mungkin merasa sedikit lebih sulit untuk bergerak, dengan sendi yang kaku atau sendi yang sakit. Sangat penting untuk tetap aktif. Anda mungkin perlu bekerja lebih aktif untuk menjaga kekuatan Anda agar tetap bugar.

Mengalami susah tidur : Kurang tidur atau insomnia merupakan tanda menopause. Kondisi seperti ini tentunya memberatkan mengingat tubuh perlu istirahat yang cukup. Kamu bisa mengakalinya dengan istirahat pada siang hari atau melakukan relaksasi.

Kamu juga bisa melakukan olahraga pada siang hari untuk menjaga kondisi badan. Selain itu kamu juga sebaiknya kurangi pengguanaan ponsel untuk sementara. hal ini bisa membantu pola tidur agar kembali normal.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu