Cara menggugurkan kandungan » Info Bumil » Kenapa Bayi Bergerak Aktif Didalam Kandungan, Kenali 4 Gerakannya

Kenapa Bayi Bergerak Aktif Didalam Kandungan, Kenali 4 Gerakannya

Gerakan janin bisa menjadi salah satu parameter kesehatan janin dalam kandungan Ibu. Bayi bergerak aktif di dalam kandungan merupakan tanda bahwa di rinya berada dalam kondisi sehat, kebutuhan nutrisi dan oksigennya tercukupi. Mengenali sekaligus mengukur pergerakan janin yang di kandung merupakan satu hal yang penting untuk di ketahui Ibu hamil. Kemampuan ini sepenuhnya dapat bergantung pada insting Ibu, Tidak heran jika hal in tidak mudah bagi para calon Ibu baru. Terjadinya gerakan bayi yang meningkat atau menurun secara tiba-tiba sering di anggap sebagai hal biasa.

Masa kehamilan merupakan masa yang penuh dengan pengalaman. Mulai dari kesulitan menahan rasa mual yang muncul terus menerus pada trimester awal perkembangan kehamilan. Hingga rasa haru dan bahagia ketika Sikecil mulai menunjukkan respon melalui berbagai gerakan di dalam kandungan. Saat si kecil mulai bergerak. Ibu hamil akan merasakan sensasi gerakan janin dalam kandungan Anda, seperti mual dan kembung serta rasa seperti tergelitik.

bayi bergerak aktif

Kenali 4 Gerakan Bayi Di Dalam Perut

Ternyata gerakan bayi bergerak dalam kandungan banyak ragamnya. Yuk kita simak beberapa gerakan bayi yang ada di dalam kandungan. sekaligus dapat membantu Ibu hamil memahami gerakan Si kecil.

Mengetuk : Gerakan ini merupakan gerakan paling sederhana yang di lakukan bayi bergerak aktif. Biasanya Ibu hamil akan mulai merasakan ketukan dari Sikecil pada trimester kedua kehamilan. Sensasi yang Ibu hamil rasakan adalah beberapa ketukan halus dari dalam perut yang lama kelamaan akan semakin kuat intensitasnya. Seiring dengan bertambahnya ukuran tubuh Si kecil. Saat ukuran tubuhnya belum terlalu besar, gerakan yang di lakukan bayi bergerak aktif terasa cukup lembut. Mungkin Ibu hamil hanya merasakan sentuhan samar saja dari dalam perut. Namun, jika ukuran tubuhnya sudah cukup besar. Gerakan yang di hasilkan sudah terasa lebih jelas sehingga Ibu hamil dapat merasakan ketukan yang relatif kuat.

Menggelitik : Ibu hamil akan merasakan gerakan bayi bergerak aktif menggelitik perut Anda. Dengan lebih jelas ketika Ibu hamil sedang dalam keadaan berbaring. Rasa menggelitik tersebut pun menghadirkan sensasi yang cukup beragam. Ibu hamil mungkin akan merasa seperti ada bulu mata yang menggelitik, letupan popcorn. Atau bahkan soda yang berbuih di dalam perut. Gerakan ini tersa samar sehingga Ibu hamil kurang menyadarinya atau salah mengiranya sebagai gangguan pencernaan. Ketika Ibu hamil merasakan bayi bergerak aktif menggelitik perut. Ada baiknya Ibu hamil meresponnya dengan mengusap-usap perut agar Sikecil Menjadi lebih tenang dan sensasi menggelitik tersebut hilang.

Baca artukel : Buah sirsak

Berguling : Berguling merupakan salah satu gerakan yang paling banyak di lakukan bayi bergerak aktif. Ketika berada di dalam rahim Ibu hamil. Gerakan yang satu ini lazimnya terjadi saat Sikecil sedang mencari posisi yang nyaman di dalam rahim. Gerakan berguling ini dapat menyebabkan Ibu hamil mersa sedikit mual dan menimbulkan sensasi kembung pada perut Ibu hamil. Pada beberapa kasus, gerakan berguling yang di lakukan Sikecil dapat membuat perut Ibu hamil menjadi sedikit berubah seakan lebih penuh. Hanya pada salah satu sisi saja. Si kecil biasanya akan aktif berguling di malam hari kerena ia merasa lebih nyaman. Ketika Ibu hamil sedang rilex atau dalam posisi berbaring.

Menendang : Gerakan Sikecil akan semakin beragam seiring dengan semakin besar dan kuatnya tubuh Si kecil. Ibu hamil dapat memperkirakan ukuran tubuh Si kecil melalui sensasi yang Ibu hamil rasakan. Ketika bayi bergerak aktif di dalam kandungan. Salah satunya gerakan yang paling sering menjadi tolak ukur kekuatan serta ukuran tubuh Si kecil adalah tendangan. Sensasi yang Ibu hamil rasakan ketika Si kecil mulai menendang bermacam-macam jenisnya:

Mulai dari sensasi kejut di dekat pusar, hingga rasa nyeri di bawah tulang panggul. Tendangan kuat dari Si kecil ini. Bahkan bisa secara jelas terlihat dari luar sebagai tonjolan yang muncul dari perut Ibu hamil. Saat Sikecil sedang akti-aktifnya. Tendangan ini bajkan bisa terlihat seperti sesuatu yang sedang bergerak tepat di bawah kulit perut Ibu hamil.

Bayi Aktif Di Dalam Perut Berbahaya Atau Tidak

Berdasarkan pendapat ahli kandungan, gerakan yang meningkat atau menurun seketika merupakan pertanda adanya kondisi janin. Gerakan tersebut bisa jadi pertanda bahwa janin berada dalam bahaya. Seperti janin kekurangan nutrisi dan oksigen. Sehingga membuatnya berontak dengan bergerak lebih aktif. Oleh sebab itu, Ibu perlu waspada apabila tiba-tiba bayi bergerak sangat aktif. Misalnya saja banyak menendang, akan tetapi dalam seketika bayi tiba-tiba tenang dan aktivitasnya tersu menurun.

Baca artikel : Cara mencegah kehamilan

Pada kondisi ideal, bayi aktif dalam kandungan perut Ibu dapat bergerak satu sampai dua kali setiap satu jam. Gerakan tersebut dapat bermacam-macam dan bisa di rasakan dengan jelas. Gerakan tersebut bisa berupa memutar, sehingga kepala janin tidak berada di bawah atau sungsang. Dalam kondisi tersebut, ada baiknya ibu tidak perlu memijat kandungan. Pijatan ini justru bisa meningkatkan resiko bayi terlilit tali pusar yang mengakibatkan gerakan putaran yang tidak terpantau. Oleh sebab itu, lebih baik Ibu tetap aktif bergerak. Dan melakukan pemeriksaan secara rutin, sehingga kondisi janin bisa terus di awasi.

Sayangnya, gerakan bayi aktif dalam kandungan memang bukan hal yang mudah yang bisa Ibu perkirakan. Namun, hal tersebut bukan berarti Ibu tidak bisa mempertahankan kondisi kehamilan yang senantiasa sehat. Ibu hamil wajib memeriksakan kondisi kehamilan secara mingguan atau bulan, di sesuaikan denga usia kandungan. Melalui pemeriksaan tersebut dapat di ketahui kondisi kesehatan Ibu dan janin, termasuk gerakan atau posisinya. Dengan pemeriksaan ruti pula, dokter dapat segera ,engambil tindakan sedini mungkin jika memang di temukan masalah.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu