Cara menggugurkan kandungan » Info Bumil » Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Saat hamil para wanita pasti akan mengkonsumsi banyak makanan bernutrisi demi mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Karena itulah salahsatu masalah para wanita setelah melahirkan umumnya mencari cara menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu ASI. Mulai dari perut yang bergelambir, badan yang masih membengkak.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala tentunya memerlukan waktu yang cukup panjang. Tidak disarankan pula begi Ibu yang baru melahirkan melakukan diet ketat agar cepat langsing. Hal ini di sebabkan karena tubuh Ibu umumnya mengalami trauma setelah melalui proses berat saat melahirkan. Belum lagi Ibu harus memberikan ASI eksklusif pada sang bayi, sehingga Ibu tetap harus mengkonsumsi berbagai makanan nutrisi.

cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

Pemberian ASI eksklusif adalah hal yang paling penting bagi bayi Anda. Bila produksi ASI berkurang drastis akibat cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang berlebihan, maka kebutuhan minum anak memerlukan suplemen dari susu formula. Padahal kita sudah sadar betuk efek negatif yang bisa di timbulkan konsumsi susu formula pada bayi, mungkin efek ini tidak langsung muncul, bisa saja baru muncul ketika bayi Anda menginjak usia balita.

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu ASI tentu bisa terwujud. Akan tetapi, prosesnya memerlukan kesabaran dan target yang realistis. Mungkin yang paling aman, Ibu menunggu setidaknya 3 bulan setelah melahirkan. Biasanya butuh waktu sekitar 8 sampai 12 bulan untuk kembali ke berat badan yang ideal.

Dikutip dari laman Yahoo Lifestyle, banyak wanita yang berat badannya naik setelah melahirkan. Namun, menurut penelitian terbaru naiknya berat badan bukan di karenakan kehamilan tetapi karena efek sari gaya hidup dan bertambahnya usia. penemuan yang kini di publikasikan di jurnal Women’s Health Issues secara online menemukan bahwa kenaikan berat badan setelah hamil lebih di karenakan oleh masalah-masalah seperti kebiasaan makan-makanan yang buruk dan kurang tidur karena kehamilan.

Baca artikel : Terapi anak terlambat bicara

Tips Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

  1. Atur Pola Makan : Selagi menyusui, sangat penting bagi Ibu untuk menjaga makanan yang dikonsumsi. Lebih baik beralih kemakanan yang di proses dengan baik, sehingga kandungan gizinya terjaga. Pilihan salad dengan sayuran dan buah segar serta organik dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu ASI. Jangan sampai tidak makan karbohidrat sama sekali karena Ibu jiga harus mendapatkan energi yang cukup untuk setiap hari. Pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat dan bisa mengenyangkan dalam waktu lama adalah beras merah, pasta wholewheat, ubi merah, dan lain sebagainya.
  2. Olahraga : Selama kehamilan, rahim berkembang menampung bayi dan kulit perut meregang sehingga meninggalkan bekas kendur. Olahraga adalah salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu Asi dapat mengencangkan oerut seperti sediakala. Berita baiknya, Ibu boleh berolahraga meski sedang menyusui. Jika Ibu melahirkan normal, Ibu mulai berolahraga beberapa minggu setelah melahirkan. lakukan latihan kardio 30-40 menit selama 3-5 hari dalam seminggu. Jalan kaki 10 menit dengan dengan menggendong bayi setiap hari. Baca artikel : Cara mengugurkan kandungan
  3. Minum Air : Banyak minum air putih dapat membantu mengurangi banyak lemak dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi proses metabolisme akan rendah dan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar lemak. Karena itulah banyak minum air putih dapat membantu proses metabolisme jadi lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi, Makanan dan olahraga di Virginai Tech membuktikan bahwa orang yang meminum lebih banyak air putih sebelum makan cenderung akan lebih sedikit makan. Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan Ibu akan lebih cepat berkurang dengan mengkonsumsi banyak air putih setelah melahirkan.
  4. Istirahat Yang Cukup : Setelah memiliki bayi, kebayakan Ibu akan kesulitan untuk tidur secara teratur. Di malam hari sang bayi mungkin akan rewel dan menangis yang membuat Ibu terjaga sepanjang malam. Kurang tidur bisa membuat Ibu mudah stres dan emosi jadi tidak stabil. Padahal jika ingin menurunkan berat badan, waktu tidur yang cukup juga lumayan berpengaruh. Sebab jika mendapatkan tidur yang cukup, Ibu akan lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal. Karena itulah pastikan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam per hari.
Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu