Cara menggugurkan kandungan » Info Bumil » Cara Menggunakan Test Pack Yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Test Pack Yang Baik dan Benar

Bagaiman menggunakan test pack yang baik dan benar? Jika belum tahu, test pack merupakan alat tes hamil. Bentuk alat ini umumnya seperti strip panjang. Namun seiring berjalannya waktu, berbagai merek mengeluarkan desain test pack yang lebih praktis dan lebih canggih dalam penggunaannya maupun pemeriksaannya. Namun jika tidak gigunakan dengan benar, tentu hasil pemeriksaan hamil kurang akurat.

test pack

Test pack bekerja dengan membaca kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang ada dalam air seni atau urin. Jika urin mengandung hCG, tes pack akan menunjukkan dua garis merah yang menunjukkan hasil positif hamil. Jika menunjukkan satu garis merah, tandanya negatif alias tidak hamil. Umumnya hCG akan melonjak dalam waktu 6 hari setelah pembuahan, ini yang membuat tes pack mudah menganalisa apakah urin seseorang positif atau negatif. Saat pembuahan berhasil dan hCG meningkat.

Ibu yang telah berpengalaman dalam hamil dan melahirkan pasti tidak asing dengan alat uji hamil atau tes pack. Namun untuk Ibu muda yang baru menikah, pasti sangat asing dengan alat ini. Jika Ibu sedang merencanakan hamil dengan pasangan, Ibu nantinya harus familiar dengan tes pack. Test pack menjadi alat yang akan di gunakan setiap bulannya untuk mengecek apakah program hamil yang di rencanakan berhasil atau tidak.

Cara Menggunakan Alat Test Pack

Belilah test pack di toko yang terpercaya : Ada banyak merek tes pack yang di jual di toko-toko, tetapi tidak masalah dengan apapun yang kamu pilih. Semua tes hamil di rumah bekerja dengan cara yang sama-sama mendeteksi kadar hormon hCG dalam urin.

Saat membeli, periksalah tanggal kedaluwarsa di kotak dan pastikan kotaknya utuh atau tidak rusak karena ini dapat mempengaruhi hasilnya. Pikirkan tentang mendapat merek yang menyediakan dua tonkat uji di dalam kotak, terutama jika kamu kembali setelah seminggu jika mendapatkan hasil negatif saat tes pertama kali. Bisa juga kamu membeli tes pack dengan berbagai merek untuk perbandingan.

Mengikuti petunjuk pemakaian : Karena banyak jenis tes pack, maka pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasannya. Misalnya tes pack jenis strip, penggunaannya umumnya di celupkan pada urin selama 5 sampai 10 detik.

Lalu ada juga test pack jenis stik, penggunaannya adalah dengan meneteskan urin pada alat tersebut. Terakhir ada tes pack jenis digital yang pemakaiannya sama seperti tes pack strip namun dapat di gunakan berulang-ulang. Baca artikel : Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

Di pagi hari : Banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan tes pack di pagi hari, mengapa? Sebab, kondisi urin di pagi hari masih sangat pekat sehingga dapat memberikan hasil yang lebih akurat. Sedangkan jika di gunakan di siang, sore, atau malam hari, kondisi urin sudah menjadi lebih encer sehingga menyulitkan tes pack dalam mendeteksi hormon hCG. Terlebih jika kondisi hamil masih muda. Karena itu, sangat di sarankan untuk menggunakan test pack di pagi hari setelah bangun tidur.

Di waktu yang tepat : Kamu memang dapat menggunakan tes pack kapan saja. Namun tahukah kamu kalau pemilihan waktu juga berperan penting pada hasil yang di tunjukkan tes pack hamil ini?. Jika menggunakannya beberapa hari setelah berhubungan intim, kemungkinan hasilnya akan menunjukkan negatif karena rendahnya kadar hormon hCG dalam urin.

Karena itu, sangat di sarankan untuk menguji hamil ketika mengalami telad haid 1-2 hari atau 1-2 minggu setelah berhubungan intim. Kalau ingin yang lebih akurat, cara menggunakan tes pack yang benar adalah setelah mengalami terlambat haid 1-2 minggu lamanya.

Cara Kerja Test Pack

Ibu yang memiliki siklus menstruasi normal yaitu 28 hari akan berevolusi pada hari ke 14. Jika sel telur di buahi 1-2 hari kemudian, maka embrio akan tumbuh selama beberapa hari ke depan yang di lanjutkan dengan berbentuknya plasenta. Ketika plasenta terbentuk, hormon hCG mulai masuk ke aliran darah yang kemudian di saring oleh ginjal. Pada saat inilah hormon hCG mulai terkandung dalam urin.

Ketika Ibu mengecek hamil atau tidak dengan tes pack pada hari ke 25 atau 26, maka tes pack akan mendeteksi adanya hormon hCG. Dan hasil test pack yang keluar pun positif. Pada beberapa tes pack yang lebih canggih menggunakan hormon hyperglycosylated hCG sebagai penentunya. H-hCG mulai terbentuk beberapa saat setelah pembuahan sehingga dapat di deteksi lebih awal sebelum hCG muncul.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu