Cara menggugurkan kandungan » Info Balita » 19 Solusi Agar Anak Doyan Makan Dengan Lahap

19 Solusi Agar Anak Doyan Makan Dengan Lahap

Kebayakan orang tua pernah mengalami masa-masa di mana anak susah sekali di suruh makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Kondisi ini bisa menyebabkan orang tua frustasi dan hamipir menyerah. Karena rasa cemas jika kebutuhan gizi dalam tubuh anak tidak terpenuhi. Akhirnya orang tua terus mencari barbagai macam solusi agar anak doyan makan untuk meningkatkan nafsu makannya.

Dalam masa pertumbuhannya, anak perlu mengkonsumsi banyak makanan bergizi agar dapat memiliki berat badan yang normal, bertambah tinggi dan sehat. Beberapa nutrisi penting juga di perlukan untuk perkembangan otak dan tulangnya agar ia bisa aktif bermain dan mampu belajar dengan baik. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan anak tidak nafsu makan.

agar anak doyan makan

Memiliki anak yang susah makan tidak hanya di alami oleh satu atau dua orang Ibu, kebanyakan Ibu yang memiliki sering mengalami hal tersebut. Anak yang susah makan tidak boleh di biarkan begitu saja, hal tersebut di kerenakan anak yang susah makan akan memiliki masalah dengan gizi. Jika sudah bermasalah dengan gizi akan akan bermasalah dengan berat badan dan kesehatannya.

Penyebab Anak Susah Makan :

  • Sang Anak mulai mengerti dan mengenali ragam rasa lain
  • Bosan dengan tekstur makanan
  • Anak mulai memunculkan sikap negatif
  • Anak mulai aktif beraktifitas
  • Lebih menyukai makanan cemilan
  • Anak suka mencari perhatian orang tuanya
  • Tidak menyukai porsi makan yang berlebihan
  • Sedang sakit
  • Merasa stres
  • Anak mulai tidak menyukai tempat makanan atau cara makan yang di ajarkan orang tua

Tips Cara Agar Anak Doyan Makan

  1. Mengenalkan makanan pada waktu yang tepat : Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan terutama di saat bayi adalah Ibu memiliki waktu yang salah untuk mengenalkan makanan kepada anak. Kadang Ibu tidak sabar untuk memberikan ASI ekskusif selama 6 bulan, hal tersebut di karenakan Ibu yang kewalahan dalam memberikan ASI kepada bayinya. Ibu memutuskan untuk memberikan Makanan Penambah ASI secara dini. Akibatnya bayi saat menginjak usia yang lebih besar akan merasa jenuh dengan makanan.
  2. Mengatur waktu makan secara tepat : Ibu yang disiplin dalam memberikan kakanan kepada anaknya dalam menjalankan waktu makannya, Jangan sampai Ibu telat dalam memberikan waktu makan kepada anak, sebab anak bisa menjadi tidak disiplin saat harus makan. Anak yang tidak disiplin di waktu jam makan bisa menyebabkan anak tersebut menjadi malas makan.
  3. Mencari tahu penyebabnya : Salah satu cara agar anak doyan makan yang bisa di gunakan oleh Ibu untuk mengatasi anak yang susah makan adalah Ibu bisa mencari tahu penyebab mengapa anak menjadi susah makan. Penyebab anak susah makan bermacam-macam, contohnya saja adalah faktor penyakit anak. Penyakit anak membuat nafsu makan makin menurun.
  4. Hindari minum berlebihan : Agar anak doyan makan Ibu harus memperhatikan pemberian minum saat anak makan. Jangan sampai anak Ibu terlalu berlebihan minum saat makan. Terlalu berlebihan minum saat makan bisa membuat anak menjadi kenyang sehingga anak pun akan menolak untuk menghabiskan makanannya.
  5. Mencoba dengan porsi kecil : Untuk membujuk agar anak doyan makan jangan langsung memberikan dalam porsi besar. Anak akan melihat porsi yang banyak sudah malas duluan untuk memakannya. Cobalah untuk memberikan makan anak dalam porsi kecil. Jika anak suka dan telah menghabiskan makanan porsi kecil kemudian Ibu bisa menawarkan untuk menambah makanannya.
  6. Memberikan variasai menu : Saat hamil pun Ibu merasakan jenuh jika di sajikan dengan makanan yang itu-itu saja, anak kecil pun akan merasakan jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya. Ibu di minta untuk bisa menyajikan menu makana yang berbeda-beda setiap hari. Misalkan saja menu hatri ini dengan sayuran, maka hari berikutnya harus berbeda.
  7. Hindari cemilan mendekati jam makan : Ibu yang memberikan camilan kepada anaknya saat mendekati jam makan. Dampaknya akan merasa sudah kenyang dengan cemilan tersebut, sehingga saat waktunya jam makan anak akan menghindari makanan yang di sajikan.
  8. Menyiapkan makanan dengan menarik : Ibu tidak hanya di tuntut untuk pintar memasak namun Ibu juga di tuntut untuk bisa pintar dalam menyajikan makanan. Agar anak doyan makan menjadi lebih berselera untuk memakan makanannya jika tampilan makanan lebih menarik.
  9. Jangan mencampukan nasi dengan lauk : Anak anak langsung malas jika melihat nasi yang sudah di campurkan dengan lauk dalam satu piring. Sebaiknya Ibu memisahkan antara nasi dan lauk agar anak doyan makan lebih berselera.
  10. Biarkan anak mengambil sendiri : Hal yang bisa di lakukan oleh Ibu adalah biarkan anak mengambil dan memilih makanannya sendiri sesuai dengan selera makannya. Jika Ibu yang memilihkan anak cencerung menolak untuk memakannya.
  11. Menggunakan piranti makan yang di sukai : Untuk mengatasi anak yang susah makan, Ibu bisa menggunakan piranti makanan yang di sukainya. Ibu bisa memilihkan piring dengan gambar karakter kartun yang di sukainya, dengan begitu agar anak doyan makan dan lebih bersemangat.
  12. Menunggu saat lapar : Dengan memaksa Ibu tidak akan dapat apa-apa, yang di dapatkan hanyalah penolakan. Jika anak menolak untuk makan biarkan terlebih dahulu, sebab lama-kelamaan akan akan merasakan lapar selama tidak nyemil makanan lain. Saat anak susah makan Ibu harus menjauhkan cemilan dari jangkauannya agar anak doyan makan, sebab anak akan lebih memilih cemilan di bandingkan dengan makan.
  13. Jangan memaksa : Ibu yang tidak sabar akan cenderung memaksa anaknya untuk menuruti apa maunya. Memang kemauan anak belum tentu sejalan dengan kemauan Ibu, oleh sebab itu Ibu di sarankan untuk lebih bersabar dalam menghadapi anaknya. ( Kembali ke beranda : https://caramengugurkankandungan.com/)
  14. Memahami kondisi anak : Ibu juga harus memahami kondisi anak, jika anak sedang sibuk dalam melakukan sesuatu misalnya sedang sibuk mewarnai biarkan anak tersebut selesaikan mewarnainya terlebih dahulu. Setelah anak selesai mewarnai barulah Ibu bisa menawarkan anak untuk makan kembali agar anak doyan makan.
  15. Biarkan anak mandiri : Bagi Ibu yang memiliki anak balita sekali-kali Ibu bisa membiarkan anaknya menjadi mandiri. Misalnya saja biarkan anak untuk memasukkan sendok berisi makanan kedalam mulutnya mengunakan tangannya sendiri. Ibu hanya cukup mengawasinya. Hal tersebut justru membuat selera makan anak menjadi baik dan suasana menjadi nyaman.
  16. Suasanya yang nyaman : Untuk mengatasi anak susah makan Ibu bisa menciptakan suasana makan yang nyaman. Bisa jadi anak menolak untuk makan di karenakan suasana saat makan yang tidak membuatnya nyaman. Unyuk menciptakan suasana yang nyaman adalah Ibu bisa memberikan anaknya pujian dan memberi komentar yang positif. Hati anak akan mersa senang dengan suasana yang sperti itu.
  17. Berkomunikasi : Ajak anak Ibu berutama yang balita untuk selalu berkomunikasi. Komusikasi itu bisa menghindari suasana jenuh saat makan. (Baca artikel : Melatih motorik anak)
  18. Memberikan nutrisi pendamping : Nutrisi pendamping juga bisa di gunakan olej Ibu agar nafsu makan sang anak bisa meningkat, salah satu nutrisi yang di perlukan adalah nutrisi dari protein albumin. Protein albumin bermanfaat untuk pertumbuhan anak dan memperbaiki gizi anak. Kadar albumin yang normal pada anak adalah 3,5 g/dl. Jika kurang dari itu bisa di pastikan bahwa anak akan mengalami masalah di dalam tubuhnya.
  19. Penambah nafsu makan : Jika semua cara tidak bisa menambah nfsu makan dan memperbaiki ,pola makan anak, Ibu bisa mencoba memberikannya multi vitamin penambah nafsu makan anak. Sekarang ini banyak vitamin penambah nafsu makan yang banyak di jual.

Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat agar anak doyan makan dengan lahap

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu