Cara menggugurkan kandungan » Info Bumil » Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Dengan Tepat Dan Aman

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Dengan Tepat Dan Aman

Pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke enam atau sebelumnya. Mual dan terkadang di sertai muntah memang sudah biasa akan di alami lebih sering. Hingga puncaknya akan terjadi pada minggu ke delapan hingga ke sembilan usia kehamilan. Kondisi mual dan muntah yang sering terjadi di pagi hari ini di sebut dengan istilah morning sickness. cara mengatasi mual saat hamil di pagi hari yang sering muncul saatb bangun tidur dan sarapan pagi. Tetapi, tidak jarang pula gejala ini muncul di siang hari, sore hari, atau malam hari tanpa di perkirakan.

cara mengatasi mual

Sebagian besar Ibu yang sedang hamil pasti pernah mengalami mual bahkan hingga muntah. Meskipun gejala ini sudah sangat umum bagi Ibu hamil. Tidak jarang gejala ini menjadi sumber kecemasan sehingga menambah tegang suasana. Gejala ini akan berkurang bahkan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan melewati trimester kedua dan trimester ke tiga.

Sekitar 75% Ibu hamil mengalaminya dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Kondisi yang sering di anggap sebagai gejala awal kehamilan ini dapat di sebabkan oleh beberapa hal. Di antarnya peningkatan kadar hormon, kehamilan kembar, dan rendahnya kadar gula darah.

Meskipun menimbulkan ketidaknyamanan, umumnya mual dan muntah selama trimester pertama kehamilan tidak memiliki risiko kesehatan pada Ibu hamil dan janin. Sejumlah penelitian bahkan mengindikasikan. Bahwa kondisi ini merupakan kehamilan yang sehat, dengan tingkat keguguran yang lebih rendah di bandingkan Ibu hamil yang tidak mengalaminya.

Namun waspadai jika kondisinya parah dan membuat Anda kehilangan selera makan. Di khawatirkan hal ini akan mengganggu pemenuhan kebutuhan nutrisi janin yang optimal. Untuk menghindarinya ada 9 cara mengatasi mual saat hamil yang dapat meredakan mual dan muntah tersebut:

Cara Mengatasi Mual Dan Muntah Saat Hamil

Konsumsi jahe : jahe sudah lama di manfaatkan untuk membantu pencernaan dan meredakan sakit perut. Jahe terbukti sangat efektif untuk cara mengatasi mual saat hamil dan direkomendasikan oleh the American College of Obstetrics and Gynecology. Jahe dapat menstimulasi pergerakan saluran pencernaan, aliran air liur, serta sekresi cairan lambung dan empedu. Sebuah studi menukjukkan bahwa 70% dari wanita hamil yang di berikan 250 mg bubuk jahe (4X sehari) merasakan keluhan mual. Dan muntah yang jauh berkurang di bandingkan saat di berikan plasebo.

Lemon : Menurut American Pregnancy Assosiation, lemon adalah cara mengatasi mual saat hamil pada trimester pertama kehamilan. Konsumsi air jeruk lemon di yakini dapat mengurangi aliran empedu berlebihan dan sisa endapan yang menumpuk di saluran pencernaan. Selain itu, aroma lemon juga bisa menjadi penyegar alami, sehingga dengan menghirupnya saja bisa meredakan mual dan muantah.

Daun Mint : Daun mint mengandung menthol yang dapat mempercepat sirkulasi darah, meringankan kembung, mual dan kram. Mint juga berpotensi memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut. Daun mint memiliki efek anastesi ringan serta mengandung efek karminatif dan antispasmodik yang bekerja di usus halus. Sehingga mampu mengatasi atau menghilangkan mual dan muntah.

Baca artikel : Buah yang harus dihindari ibu hamil

Konsumsi makanan kaya protein : Studi tahun 1999 menyebutkan. Bahwa makanan tinggi protein adalah cara mengatasi mual saat hamil dan memperbaiki lambung. Selain itu penelitian beberapa tahun terakhir juga menyebutkan. Bahwa Ibu hamil trimester pertama yang mengkonsumsi makanan tinggi protein mangalami mual. Dan muntah lebih sedikit di bandingkan yang mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Mengkonsumsi vitamin B6 : Cara mengatasi mual saat hamil dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi penting bagi Ibu hamil. Tidak hanya sumber gizi tapi juga bisa menjadi cara mengatasi mual. Seperti makanan yang mengandung vitamin B6 atau mengkonsumsi suplemen vitamin B6 saat hamil.

Mengkonsumsi protein : Selain memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, Ibu hamil bisa memperbanyak konsumsi protein. Tak hanya baik untuk perkembangan janin dalam kandungan saja, tapi bisa untuk cara mengatasi mual saat hamil.

Baca artikel : Cara mengugurkan kandungan

Menghindari makanan berlemak dan pedas : Saat hamil, sangat penting untuk memeprhatikan makanan yang di konsumsi sehari-hari. Selain sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi harian, memilih menu makanan saat hamil juga berpengaruh pada saat mual. Untuk mengatasi mual saat hamil, sebaiknya Ibu menghindari makanan berlemak dan makanan yang pedas, karena dapat meningkatkan kinerja perut.

Menghindari bau yang menyengat : selain selalu membawa minyak alami daun mint untuk menghindari rasa mual, hindari pemicunya. Misalnya saja aroma durian yang menyengat, bau parfum atau makanan lainnya sebisa mungkin hindari bau-bauhan tersebut.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup : Ketika mengalami mual dan muntah, Ibu hamil bisa saja kekurangan cairan. Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan sering minum air putih. Wanita dewasa di anjurkan untuk minum air putih sekitar delapan gelas sehari. Ketika hamil, konsumsi air putih perlu di tambah menjadi 10-12 gelas sehari. Namun, sebenarnya, kebutuhan cairan setiap individu berbeda-beda.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu