Cara menggugurkan kandungan » Manfaat Buah Untuk Bumil » Buah Yang Harus Di hindari Ibu Hamil Muda Dan Alasannya

Buah Yang Harus Di hindari Ibu Hamil Muda Dan Alasannya

Semua makanan yang di konsumsi oleh Ibu hamil selama masa kehamilannya akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya dan janin dalam kandungannya. Pola makan yang sehat dan bergizi seimbang akan menunjang tumbuh kembang calon bayinya. Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu hamil ialah mengkonsumsi buah-buahan. Naman tidak semua buah dapat di konsumsi oleh Ibu hamil karena di anggap akan menyebabkan gangguan pada kehamilannya. Lantas, apa saja buah yang harus di hindari ibu hamil?

Menjadi seorang Ibu adalah dambaan setiap wanita, karena seorang wanita sudah menikah tentu ingin sekali segera memiliki momongan. Jadi tidak heran jika seorang wanita di nyatakan positif hamil akan merasakan kebahagiaan. Dalam kondisi hamil, seorang wanita di tuntut untuk bisa menjaga kandungannya. Sebab pada masa kehamilan, kondisi tubuh sangat rawan dengan berbagai penyakit. Selain itu juga kondisi kehamilan dapat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi di kandungan.

buah yang harus dihindari ibu hamil

Seorang dokter kandungan di Brigham and Women’s Hospital, Audra Meadows, MD, MPH menghabiskan bayak waktunya menasehati Ibu hamil. Di rinya banyak menasehati tentang bagaimana mengoptimalkan kesehatan mereka sebelum atau sesudah kehamilan untuk mencegah berat badan lahir rendah dan masalah lainnya.

Saat Anda hamil, tubuh akan mengalami perubahan dari kelebihan hormon produksi hingga menjadi stres. Ketika tubuh Anda berubah untuk mengakomodasi janin, penting bagimu untuk merawat diri sendiri dengan mengikuti diet ketat, Diet yang mencakup buah-buahan yang bergizi. Sangat penting untuk Ibu hamil memilih diet yang sehat karena dapat berdampak pada kesehatan Ibu hamil dan juga janin. Ibu hamil harus berhati-hati untuk memastikan bahwa mengkonsumsi buah-huahan yang tepat selama kehamilan. Sebab ada jenis buah yang harus di hindari ibu hamil.

Pada dasarnya buah mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk Ibu hamil. Namun ternyata ada beberapa buah yang sebaiknya di hindari oleh Ibu hamil. Buah apa saja itu? Kami telah merangkum beberapa buah yang harus di hindari ibu hamil sebagai berikut.

Daftar Buah Yang Harus Di hindari Ibu Hamil

Nanas : Buah yang harus di hindari ibu hamil, nanas mengandung enzim bromelin dalam jumlah yang cukup rendah dan tidak berbahaya bagi kehamilan jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat. Bahkan enzim bromelin dalam buah nanas dapat memicu pembukaan dan kontraksi rahim serta dapat melunakkan leher rahim, sehingga mempermudah proses persalinan. Selain itu, buah nanas juga mengandung zat besi dan banyak vitamin C yang sangat baik di konsumsi oleh Ibu hamil. Tetapi jangan terlalu banyak dan terlalu keseringan mengonsumsi nanas selama masa kehamilan.

Walaupun begitu, di awal kehamilan sebaiknya Anda menghindari buah nanas karena dapat menyebabkan keguguran dan meningkatkan risiko melahirkan bayi dalam keadaan cacat. Ini karena enzim bromelin dapat menyebabkan pendarahan dan menganggu keseimbangan protein, terbih jika di konsumsi dalam jumlah tinggi.

Durian : Buah yang harus di hindari ibu hamil, saat masa kehamilan, Anda tetap boleh mengkonsumsi buah durian asalkan tidak berlebihan. Ini karena durian mengandung asam arachidonat dan alkohol yang dapat meningkatkan risiko bayi lahir dan kontraksi. Anda dapat mengkomsumsi buah durian dua tau tiga biji sehari, setidaknya jumlah ini masih cukup untuk meredakan keinginan Anda saat ngidam ingin makan durian.

Baca artikel : Cara mengugurkan kandungan

Pepaya muda : Buah yang harus di hindari ibu hamil pepaya muda di nilai berbahaya untuk di konsumsi oleh Ibu hamil. Ini karena kulit pepaya muda mengandung papain dan lateks dalam jumlah cukup tinggi. Papain dapat merangsang persalinan, sementara lateks dapat memicu persalinan dini dan alergi yang berbahaya bagi Ibu hamil. Akan tetapi pepaya matang justru aman di konsumsi oleh Ibu hamil karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan folat yang sangat baik bagi Ibu hamil.

Nangka : Buah yang harus di hindari ibu hamil, banyak mitos yang menyebutkan bahwa nangka dapat menyulitkan proses persalinan dan menyebabkan bayi lahir dalam kondisi cacat. Faktanya, belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa membuktikan mitos tersebut. Namun, nangka termasuk buah bersifat panas yang bisa membuat perut Ibu hamil terasa panas setelah mengkonsumsi nangka.

Selain itu sebelum di konsumsi Anda harus memastikan nangka dalam keadaan matang sempurna, karena nangka yang terlalu matang mengandung alkohol yang tidak baik bagi Ibu hamil. Pada dasarnya, Anda masih boleh mengkonsumsi nangka asalkan tidak berlebihan.

Pisang mentah : Buah yang harus di hindari ibu hamil, sebagai mana di ketahui pisang memiliki manfaat baik untuk Ibu hamil, seperti dapat meringankan morning sickness, menurunkan risiko bayi lahir cacat dan meringankan kram kaki. Semua manfaat itu bisa di rasakan Ibu hamil jika Anda mengkonsumsi pisang matang.

Berbeda dengan pisang matang, pisang mentah justru dapat berbahaya jika di konsumsi oleh Ibu hamil, karena mengandung banyak pati resisten yang sulit di cerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga mengandung tanin yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus, sehingga dapat menyebabkan konstipasi pada Ibu hamil.

Asam jawa : Buah yang di larang untuk ibu hamil, ketika hamil, sudah wajar kalau ibu hamil ngidam makanan dan minuman yang asam. Salah satu makanan asam tersebut adalah asam jawa. Buah tersebut sudah di gunakan untuk mengatasi segala mual dan muntah pada Ibu hamil. Tapi Anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

Asam jawa kaya akan vitamin C yang menyebabkan buah ini boleh di makan Ibu hamil. Jika di konsumsi terlalu banyak, vitamin C pad asam jawa menekan produksi progesteron dalam tubuh Anda. Kadar progesteron yang rendah dalam tubuh bisa menyebabkan keguguran, persalinan dini, bahkan kerusakan sel janin. Itulah sebabnya asam jawa termasuk buah yang harus di hindari ibu hamil muda.

Semangka : Buah yang di larang untuk ibu hamil, semangka umumnya menjadi buah yang baik untuk tubuh, semangka mampu mengeluarkan semua racun sambil mengatur hidrasi dalam tubuh. Tetapi ada sisi lain dari semangka, semangka tidak baik di konsumsi saat hamil. Semangka dapat membahayakan janin dengan berbagai racun yang di keluarkan semangka.

Baca artikel : Manfaat madu

Anggur : buah anggur sebaiknya di hindari ketika Anda hamil. Sebab saat orang makan anggur mereka cenderung tidak mengupas dan mencucinya. Anggur yang tidak di cuci dan di kupas berbahaya bagi Ibu hamil. Selain itu anggur mengandung senyawa Resveratrol yang dapat menjadi racun bagi Ibu hamil. Keasaman yang ada pada anggur dapat meningkatkan rasa mual bahkan diare untuk Ibu hamil di pagi hari. Selain itu ketika Ibu hamil mungkin kesulitan mencerna kulit anggu yang hitam karena sistem pencernaan melemah.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu