Cara menggugurkan kandungan » Info Bumil » Olahraga Terbaik Bagi Ibu Hamil

Olahraga Terbaik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tentu akan waspada dan memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan tubuhnya sendiri dan kesehatan janin dalam kandungannya. Keadaan tubuh Ibu hamil tentunya sangat berbeda dengan keadaan tubuh sebelum hamil. Mengingat ada janin yang sangat rapuh dalam rahin, Ibu hamil tentunya akan jauh lebih berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu termasuk untuk melakukan olahraga terbaik bagi ibu hamil.

olahraga

Banyak Ibu hamil yang tidak mau melakukan olahraga sama sekali selama hamil karena beranggapan bahwa olehraga akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Ibu dan janin. Padahal olahraga selama kehamilan sangat di perlukan terutama untuk menjaga stamina dan sistem pernafasan Ibu hamil. Namun tentunya Ibu hamil perlu lebih selektif dalam memilih olahraga yang aman saat hamil. Selain itu waktu melakukan olahraga juga perlu di perhatikan. Ada beberapa jenis olahraga terbaik saat hamil yang bisa di lakukan oleh Ibu hamil untuk menjaga kebugaran selama hamil sekaligus mempersiapkan diri untuk proses persalinan.

Beberapa Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki : Ibu hamil pastinya perlu menjaga kesehatan untuk dirinya dan janin yang berkembang dalam rahimnya. Akan tetapi, banyak Ibu hamil yang mempunyai keterbatasan untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan olah raga yang jauh dari rumah. Sebenarnya ada tips hamil sehat dengan olahraga yang bisa di lakukan di rumah sendiri atau di sekitar rumah. Olah raga jenis ini tentunya lebih murah jika di bandingkan dengan olah raga lain.

Baca artikel : Manfaat alpukat

Salah satu olah raga yang di sarankan untuk ibu hamil adalah jalan kaki santai. Jalan kaki santai sangat mudah di lakukan oleh Ibu hamil sekaligus sangat praktis dan murah. Ibu hamil bisa melakukan jalan santai pada pagi maupun sore hari selama tidak lebih dari satu jam. Selama berjalan kaki, Ibu hamil juga bisa menambahkan gerakan perenangan ringan sembari menghirup udara dalam-dalam. Jika Ibu hamil tidak bisa melakukan olah raga dengan gerakan yang terlalu melelahkan, Ibu hamil bisa melakukan relaksasi ringan berupa latihan pernapasan yang di sertai latihan pemusatan pikiran.

Yoga : Yoga bisa menjadi alternatif bagi Ibu hamil sebagai olah raga yang bisa di lakukan kapan saja. Yoga melatih kelancaran pernapasan dan kelenturan tubuh, serta mempersiapkan pinggul untuk proses melahirkan, jenis olahraga ini juga memiliki kelas khusus untuk Ibu hamil yang di sebut prenatal yoga.

Prenatal yoga merupakan jenis olah raga yang membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi nyeri pinggang yang kerap di rasakan oleh Ibu hamil. Di tambah lagi, yoga juga dapat membantu pikiran lebih rileks sehingga melatih diri lebih mudah beristirahat. Tidak heran jika yoga menjadi olah raga yang banyak di sukai oleh banyak perempuan.

Aerobik ringan : Olah raga aerobik bisa memperkuat jantung dan paru-paru sekaligus mengencangkan otot. Aerobik ringan yang aman untuk olahraga adalah step aerobics atau lari/loncat ringan. Banyak jenis olahraga aerobik ringan yang di rancang khusus untuk olahraga Ibu hamil.

Renang : Renang sangat di rekomendasikan Ibu hamil, karena olah raga di dalam air akan terasa lebih mudah dan tidak cepat lelah bagi Ibu yang telah mengandung. Berenang juga dapat membantu meredakan mual, nyeri pinggul, dan bengkak pada pergelangan kaki. Satu hal yang perlu di perhatikan adalah gaya renangnya. Gaya renang yang di rekomendasikan adalah gaya dada dan punggung. pastikan Anda berhati-hati saat berada di kolam renang dan sekitarnya pada lantai licin dan becek.

Baca artikel : cara mengugurkan kehamilan

Sepeda Statis : Sepeda statis atau spinning juga salah satu olah raga yang aman bagi Ibu hamil. Olah raga ini juga tergolong aman untuk Anda yang sebelum hamil jarang berolahraga. Bersepeda mampu menaikkan detak jantung, sepeda statis juga ideal untuk menopang bobot tubuh Ibu hamil dengan resiko jatuh minim karena tidak menaruh beban pada kaki dan persendian.

Pilates : Melakukan pilates selama kehamilan akan membantu Anda tetap rileks saat melahirkan. Instruktur fitnes, Shalini bhargava mengatakan, pilates membantu mengurangi sakit otot perut, mengurangi sakit punggung dan melancarkan proses persalinan.

Olah Raga Ibu Hamil Juga Harus Perhatikan Durasi

Olahraga selama kehamilan yang sudah cukup akrab bagi kebayakan Ibu hamil adalah senam hamil yang biasanya bisa di lakukan sewtelah usia kehamilan trimester ketiga. Senam hamil di lakukan selama 30 sampai 60 menit tentunya dengan bimbingan dari instruktur yang bersertifikat

Komentar ditutup.

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu